Senin, 21 Januari 2013

Cerita Jogja part 1

Akhir tahun 2012 emang udah direncanain mau liburan, yang belum dipastikan tanggal karena menunggu dapat ijin cuti nya ayah tanggal berapa, kita milih tanggal yang ga bareng sama liburan sekolah anak, karena pasti bakal cape karena ramenya bukan cape karena menikmati liburan. Alhamdulilah dapet cuti tanggal 20-26. Tujuan liburan kita ke kota Jogja, rencananya mau road trip, karena kalau bawa anak di bawah usia 6 tahun yang mana takut kecapean, mengeluh bosen dan yang pasti supaya leluasa mau melakukan apa saja karena di kendaraan pribadi, rencananya juga kita menyetir bergantian. Kita berangkat hari kamis tanggal 21 Desember,  hari pertama cuti diisi dengan packing dan beres-beres rumah, kan lebih enak kalau pulang liburan rumah rapih dan bersih. Hari kamis berangkat via jalan tos purbaleunyi menuju arah Cileunyi, berangkat dari rumah pukul 6 pagi, pengennya lebih pagi apa daya kalau punya anak kecil nunggu mood anak bangun dulu setelah bangun tidur, daripada cranky. Alhamdulilah pagi itu anak-anak bangun badannya udah sehat setelah seminggu kemarin serumah flu kecuali ayah, tapi saya masih ada sisa-sisa flu tapi tetep semangat namapun mau liburan.
karena belum sarapan jam udah menunjukan pukul 8.30, anak-anak juga udah berisik kelaparan, kita cari tempat sarapan yang kira-kira rame aja, akhirnya nemu sarapan nasi kuning pinggir jalan di daerah Banjar(masih Jawa Barat), ga terlalu pinggir jalan sih jadi amanlah dari debu-debu.hehe. berhubung judulnya yang penting makan, ekspektasi kita biasa aja sih, tapi ternyata nasi kuning nya endang bambang gulindang, yang top sih sambelnya, sampe si ayah nyesel pesen porsinya sedikit.hihi. setelah sarapan meluncur lagi, trus karena badan ga enak minta ayah cari tukang buah-buahan, karena ga nemu-nemu akhirnya ada tukang buah gerobak dorong, ya daripada ga ada hajar ajalah minus bumbu rujaknya, karena yang dipengenin kan buahnya. Memasuki jawa tengah, pukul 11 kita putusin buat berhenti sekalian makan siang di pringsewu, pilih pringsewu karena 1000% penasaran, karena plang iklan resto ini udah ada sewaktu kita masih di jawa barat, heddaaannn ih marketingnya.. modal banget itu bikin plang, tapi beneran jadi penasaran sih. Rumah makannya emang lumayan gede sih, baru sampe parkir udah disamperin umbrella girl nya pringsewu, oke nilai plus nih, bukan karena hujan tapi biar kita ga kepanasan padahal sih dari parkir ke resto tinggal ngesot nyampe.hehe. Sampe dalem emang resto nya gede sih, ada 2 tempat, tempat makan di meja dan lesehan, karena di plang iklan yang kita baca ada playground, kita tanya playground dimana, ternyata di samping lesehan, saya kan orang yang males kalau makan lesehan karena berasa kotor aja alas duduk bekas makan orang, suka ada nasi berceceran, ewww.#abaikan. Tapi demi anak-anak ngalah dong, tahan-tahanin jijiknya, tapi untungnya setelah inspeksi kecil-kecilan ternyata tempatnya bersih.

Sebenernya mainannya cuma ayunan dan jungkat-jungkit, tapi namanya anak-anak sih seneng-seneng aja. Karena perut masih kenyang gara-gara sarapan kesiangan, akhirnya kita pesen ga terlalu banyak, ayam penyet untuk ibu, sop gurame untuk ayah, sama minuman wajib kalau kemanapun jus alpukat untuk kalea. Sambil nunggu pesanan datang kita disamperin waiternya untuk nunjukin atraksi sulap, yang ternyata sulap jadul, yang jaman dulu SD suka dijual di abang-abang tukang mainan*ketahuan angkatan berapa*.
Trus waitress nya juga nanya apa ada yang ulang tahun bulan desember, saya bilang ayahnya ulangtahun bulan desember tp udah lama kok 7 desember kemarin,waitress nya pinjam ktp, tapi ayah keberatan.Pesenan kita dateng, lupa fotoin makanannya karena ribet dengan waitressnya yang nyamperin lagi bawa lilin, bawa kamera, bawa styrofoam yang bertuliskan happy birthday dan minuman gratis. weleh...baru juga mau makan, ayah diminta tiup lilin, trus difoto bareng waitressnya pegang tulisan segede gaban. Too much deh ah...haha. Tapi seneng sih dapet minuman gratis.
So far sih terkesan dengan service nya walau sedikit agak ganggu, tapi makanannya memang enak.
Kita berhenti lagi untuk shalat dzuhur, ga tau penglihatan saya terbatas atau memang sepanjang jalan Provinsi Jateng sedikit sekali mesjid yang bisa ditemui. Selesai shalat kita lanjut perjalanan, tadinya mau gantian nyetir tapi karena saya minum obat batuk, yang ada sepanjang jalan berapa kali saya tertidur, kasian sebenernya sama ayah tapi mata bener-bener bak di kasih lem deh, rapet bener. Jam 4 sore kita berhenti lagi di bebek slamet*lupa cabang yang mana* karena efek bindeng&flu mikirnya kayaknya enak makan sambel korek yang super pedes, ealah ternyata beda provinsi beda tingkat kepedesan, di cabang yang ini sambel koreknya ga terlalu nyengat trus agak manis sedikit, ayah aja makan biasa aja, padahal toleransi ayah sama pedes cukup sensitif, huhu kuciwa deh. Udah makan lanjut lagi perjalanan, sekitar maghrib kita sampe Jogja, karena ngandelin GPS perasaan jalannya puter-puter dulu sampe akhirnya masuk kota Jogja, setelah check in hotel, beresin barang, kita putusin order makan malam untuk anak-anak di hotel aja. Karena badan rontok ditambah tiba-tiba badan saya meriang. Beres suapin anak-anak, kita putuskan untuk tidur karena besok pagi anak-anak mau berenang di kolam hotel. K2 tau aja kalau liburan, jam setengah enam pagi mereka udah bangun.Ayah sih udah bangun dari pagi banget karena mau jogging, while istrinya masih kruntelan di bawah selimut.
selesai basahin badan doang berenang, K2 bilas trus kita turun lagi untuk b'fast di hotel*memanfaatkan voucher dong*, Kalea agak rewel pas sarapan, resto hotelnya emang agak spooky sih karena banyak topeng-topeng serem yang digantung&perabot Jawa gitu, tempat untuk live musicnya juga emang agak mistis sih*apeuuu*

Berhubung dalam rangka liburan sekolah, tujuan utama kita taman pintar, penasaran aja sama review orang, dan kayaknya cocok bawa anak-anak. Tiket masuknya juga cukup murah kalau ga salah ga lebih dari 15 ribu u/ dewasa, untuk anak lebih murah lagi, dibawah 2 tahun gratis. Isinya sendiri macem-macem, ada percobaan ilmiah, ilmu pengetahuan, sejarah Indonesia khususnya Jogja,dan Planetarium. Oh iya di dalem juga ada bioskop 3D yang memutar film khusus anak.

Kalau punya anak kecil cukup menyenangkan untuk dibawa kesini, karena sifatnya wisata edukasi, dan seru untuk dicoba dengan harga tiket yang murah, perjalanan ditutup dengan menonton bioskop 3D.
Pulang dari taman pintar perut lapar, melipir ke warung gudeg yu djum, sekalian ayah shalat jumat, sambil nunggu ayah saya pesen duluan, menurut beberapa review gudeg ini enak...memang enak sih, beda dengan gudeg yang ada di Bandung, gudeg yu djum ini rasanya pas, wajib mampir kalau ke Jogja. Ayah&ka2ng beres shalat jumat lanjut makan.
Siang itu kita putuskan untuk ke pantai, tadinya mau ke pantai parangtritis, tapi dari cerita orang-orang, parangtritis sekarang pantainya kotor, dikasih saran teman yang orang Jogja untuk ke pantai indrayanti, tapi jarak tempuh dari Jogja 2jam, pp 4 jam, daripada kemaleman di jalan, kita putuskan besok aja ke indrayanti, rencana kan cuma mau makan seafood aja, ada yang saranin di pasar ikan pantai depok. Jarak pantai depok hanya setengah jam dari kota Jogja. Ternyata pasarnya ga terlalu besar, ada warung makannya, kita bisa minta untuk dimasakin disitu, sebelumnya kita main-main dulu di pantai, pantainya bukan untuk berenang, karena ombaknya besar khusus tempat nelayan cari ikan.

Di pantai kita cuma main ATV sama si key yang penasaran kalau ketemu ombak ga basahin kaki. Walaupun was-was sih karena emang ombaknya gede banget. Di tempat makan kita pesen udang bakar, cumi asam manis, tumis kangkung...rasanya yah gitu deh. Ga lama kita di pantai, langsung meluncur pulang ke hotel, ayah drop ibu di salon karena istrinya ngerengek rambut lepek&bau karena keringetan terus. Sampe hotel mandi, trus siap-siap lagi keluar menikmati suasana Jogja di malam hari, tujuan pertama kita nyari bakmie Jogja, berhubung sinyal bb lagi kacrut jadi ga bisa browsing kita pilih warung bakmi sambil lewat aja. Rasanya yah gitu deh so so, masih enakan bakmie Jogja yang ada di Bandung.
Tujuan utama keluar malem itu mau naik becak lampu
Becak lampu ini kita goes sendiri, satu puteran 20ribu, 2 puteran 30ribu, kita rencana mau 2 putaran, satu puteran tuh kita ngelilingan alun-alun yang ada pohon beringin kembar*next post diceritain beringin kembar*, bokkk...yang naik emang empat orang tapi yang gowes kan 2 orang, baru setengah jalan aja kaki puegggelll dan ngos-ngosan, wkwkwk. akhirnya satu putaran aja ga sanggup, si key sih pengen terus, ibu sama ayahnya nyerah.hahaha.
Dari alun-alun pulang ke hotel, karena anak-anak juga udah teler.Lanjut di posting berikutnya....dadah..dadah....