Kamis, 24 Januari 2013

Cerita Jogja part 3

Mau cerita hari terakhir kita di Jogja, setelah 2 hari sebelumnya main terus di pantai, hari ini kita rencana mau ke kota gede sekalian check out dari hotel, karena perasaan ga ada yang bisa di eksplore lagi, sebelum check out kita sarapan minta dianter ke kamar, saya ga ikut sarapan karena menyisakan perut untuk makan gudeg, nyari gudeg yang kelewat aja...yang mana tetep aja ga ada yang seenak yu djum*keukeuh*... ke kota gede mau cari cincin perak jauh-jauh di Bandung juga ada, kan klo cari di Jogja ada sedikit nilai historinya skr cincin yang ayah hilang karena dipake pas berenang *nangis gegulingan*. Again, ngandelin GPS lagi ga nyasar sih, tapi bingung pilih tokonya, karena kere takut kejebak harga, kita pilih ga masuk ke toko perak yang besar, tapi toko kecil, dan memang dapet harga yang lumayan lah.Pulang dari kota gede mampir ke toko oleh-oleh batik wisnu
 Disini saya KALAP, tadinya cuma mau beliin daster buat mamah&mamih, sampe sana kok ini lucu yah kalau papah&bapa mertua samaan, trus ayah samaan juga kakak&adek aku, eh...ada daster lucu kembaran ah..sama kakak ipar, lho ini baju anak cewek murah, bisa kembaran kalea&sepupu2nya...wkwkwk.*iyeee naluri ibuk-ibuk banget deh*. Pulang dari wisnu, kita mampir lagi ke yu djum, bukan untuk makan tapi untuk bungkus oleh-oleh, iya terobsesi banget sayah...jadi gudeg yu djum kalau dibungkus ada paketannya, isinya berdasarkan harga, dari 15ribu-300ribu, saya ambil paket 100ribu, isi telor 6, ayam 1/2ekor, krecek, gudeg, bikin 3 bungkus, kata mbanya sih awet sampe besok pagi, asal disimpen di kulkas. Dari gudeg kita melipir dulu ke alun-alun kidul, mau foto-foto beringin kembar.
Sayangnya kita ga sempet cobain jalan dengan mata ditutup blind fold, kan katanya menurut mitos kalau kita bisa lewatin jalan diantara beringin kembar berarti hati kita bersih...
Dari alun-alun kita mampir ke bale raos sekalian makan siang,bale raos merupakan restoran yang dikelola oleh salah satu permaisuri sultan, CMIWW, dibuat agar masyarakat sekitar bisa ikut merasakan masakan keratonan.

Di bale raos kita pesen urip-urip gulung, isinya ikan lele fillet yang digulung pake sedikit tepung terus digoreng, tumis bunga pepaya ikan asin, bistik lidah, nasi goreng*andalannya keyzhan kalau makan di resto*, minumnya default jus alpukat, ayah pesen bir jawa yang mana enak kalau menurut aku, seger&wangi karena bahan dasarnya rempah.
Makanannya sendiri not bad sebenernya, cuma yang ga terlalu enak gimana gitu, kalau ke Jogja lagi belum tentu mampir lagi over priced.
Perjalanan dilanjutkan menuju arah magelang, karena kita mau mampir borobudur, lupa berapa lama jarak tempuh Jogja-magelang kurang lebih.....GA TAU, karena sepanjang jalan saya TIDUR.huahaha.
Sampe borobudur udah penuh aja, ealahhh...lupa kalau liburan sekolah, hari minggu pula, otomatis cari parkir pun susah. Setelah dapet parkir, saya melipir ke toilet yang antrinya ampun-ampunan. Ternyata di pintu masuk ke arah candi pun padettt banget, mana sebelumnya hujan, pas kita turun mobil hujan berhenti, tapi tetep aja was-was karena kita ga bawa payung*walaupun banyak sih yang jualan payung*. Terakhir ke borobudur saya masih kecil, jadi bener-bener lupa jarak dari pintu masuk ke candi itu jauh atau dekat, ternyata bokkk jauhh aja gitu, gempor deh, nyesel ga bawa stroler, tapi untung kalea mau jalan walaupun sebentar-sebentar minta gedong sama ayah.

Baru tau, kalau sekarang mau masuk candi dikasih pinjam sarung batik gitu, nanti dikembalikan di pintu keluar. Saking padetnya, mau naik keatas aja ngantri dan desek2an, jalan kecil gitu, ngeri aja kalau maksa naik ke atas, ngeri mejret anak kita..hihi, walau ka2ng maksa minta naik ga kita kabulin karena lebih banyak resikonya. Akhirnya kita susurin candi yang di lantai 2 aja, pas lewatin tangga untuk turun juga sama aja padettt metetet, males banget deh liatnya, karena udah mulai mendung (lagi) kita putusiuntuk turun sambil bujuk key pake iming-iming naik kereta. Pulangnya pake acara gempor ria lagi, sebelumnya kita tanya mau naik kereta dimana beli tiket&shelter nya, dibilang deket pintu keluar, trus aja kita diarahkan menuju pintu keluar, masya ampunnnnnn jauh sekalii, ternyata rute untuk pintu keluar diarahkan supaya lewat pasar oleh-olehnya borobudur, banyak yang jualan souvenir dan baju2 gitu, panjanggg....bener deh jalannya. Akhirnya sampe juga di pintu keluar dan ternyata balik lagi agak ke dalam kalau mau beli tiket naik kereta*ini siapa yang bodoh dan dibodohin sih*ngaca*. Betis dah nyut-nyut an akhirnya kesampean juga naik kereta. Tiketnya 5ribu dapet air mineral, lumayan sih buat buang keringet setelah ber gempor-gempor #apasih.
Karena udah mulai gerimis kita putusin pulang, sempet berhenti di jalan ga jauh dari borobudur karena ketemu tukang warung bakso yang kayaknya enak. Dari situ kita sempet nyasar, ga tau GPS error, kan setting di GPS udah di set mau ke rumah nenek soang*rumah mamah saya*, setelah mobil jalan, jarak yang ditempuh bukan semakin berkurang malah bertambah, berarti ngejauhin donggg...?udah bingung, akhirnya nanya, ternyata bener jalannya lewat situ*banting GPS*, mana udah gelap ditambah jalan jelek, sepi pula, horror deh...akhirnya ketemu jalan besar, jarak tempuh juga normal kembali, udah kepikiran jangan-jangan tadi kita masuk dimensi lain..wkwkwk.Pukul 8 kita berhenti di mergosari, si kalea dah tidur, makan sambil gendong anak udah jadi akrobat sehari-hari deh...huahaha. Di mergo kebayang enyaknya goreng ayamnya, ternyata jauh dari harapan, ayam gorengnya sih emang panas tapi alot... ketolong sama sambel dan tumis genjer. Perjalanan pulangnya lebih cape dan drama, sempet dialihkan jalannya oleh polisi*alasan macet*, dialihkan ke jalan antah berantah tempat jin buang anak, sampe akhirnya nemu SPBU dan ayah ga kuat nahan kantuk, kita tidur di SPBU, ga tau berapa lama, kebangun di luar masih gelap ayah lanjutin perjalanan yang laaammmmaaaaa banget, ketemunya hutan, pohon, jurang *kayaknya sih, soalnya gelap* sampe ketemu jalan raya di kota sumedang, doennnggg...jauh amat malihh, si ayah udah misuh-misuh aja mengutuk polisi,hihi, dari sumedang di tanjung sari ketemu macet lagi sejam....pokokkknya drama abisss. Estimasi waktu sampe rumaha nenek soang pukul 2 pagi, lahhhh...jam 6 masih di tanjung sari aja.*pingsan*. Pokoknya sampe selamat jam 3 sore,bukaaaannn bukan kejebak di tanjung sari karena kita putusin pas di cileunyi masuk tol ke arah Bandung aja, karena di dangdeur pun macet, banjir....Sekalian ada perlu kita keliling kota Bandung dgn baju kemarin pagi ditambah belum mandi, syedaaapppp.hihihi. sekian deh cerita Jogja nya, next post mau cerita kita pas di Batu Malang. dadah...dadah...